Latest Updates

Contoh Proposal Skripsi

  1. UPAYA MENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR BERBASIS FLASH

  1. Latar Belakang Masalah
            Salah satu keterampilan berbahasa adalah menyimak, yaitu suatu kegiatan yang penting dalam pembelajaran bahasa Arab, karena menyimak merupakan syarat yang paling utama dalam meningkatkan daya serap peserta didik terhadap mata pelajaran yang ditekuni, tanpa memiliki kemampuan menyimak yang maksimal maka peserta didik akan mengalami kesulitan dalam belajar.
            Menyimak berbeda dengan mendengar atau mendengarkan, sebagaimana diungkapkan oleh Tarigan (1994:27) bahwa pada kegiatan mendengar mungkin si pendengar tidak memahami apa yang didengar, akan tetapi pada kegiatan mendengarkan sudah ada unsur kesengajaan, tetapi belum diikuti unsur pemahaman karena itu belum menjadi tujuan. Kegiatan menyimak mencakup mendengar, mendengarkan, dan disertai usaha untuk memahami bahan simakan. Oleh karena itu dalam kegiatan menyimak ada unsur kesengajaan, perhatian dan pemahaman, yang merupakan unsur utama dalam setiap peristiwa menyimak. Penilaiannya pun selalu terdapat dalam peristiwa menyimak, bahkan melebihi unsur perhatian.
            Menurut pendapat Rost (1991:10) bahwa faktor-faktor yang penting dalam keterampilan menyimak dalam kelas adalah siswa menuliskan butir-butir penting bahan simakan terutama yang berhubungan dengan bahan simakan.
            Keterampilan menyimak merupakan keterampilan yang melibatkan berbagai proses dalam saat yang sama. Pada saat penyimak mendengarkan bunyi berbahasa, pada saat itu pula mentalnya aktif bekerja mencoba memahami, menafsirkan apa yang disampaikan pembicara, dan pada saat itu pula ia harus memberi respons yang baik.
            Agar proses menyimak berjalan dengan baik maka dalam pembelajaran bahasa Arab dibutuhkan media gambar yang dapat menunjang untuk mempertajam daya ingat  siswa, karena media gambar melibatkan proses berfikir yang seimbang antara otak kiri dan otak kanan sehingga hasil pembelajaran dapat tercapai dengan baik.
            Berdasarkan fakta di lapangan bahwa media gambar telah digunakan sebagai media alternatif dalam pemebelajaran bahasa Arab, namun tidak memberikan kontribusi yang besar dalam proses belajar mengajar khususnya dalam keterampilan menyimak. Oleh karena itu penulis sangat berinisitaif sekali untuk melakukan penelitian dengan cara mengupayakan pengefektivan peningkatan media gambar dalam meningkatkan keterampilan menyimak bahasa arab.
            Mengingat peranan media gambar dalam pembelajaran bahasa arab sangat penting untuk digunakan maka efektivitas penggunaan media gambar dalam meningkatkan keterampilan menyimak bahasa Arab perlu ditingkatkan. Dengan adanya Penelitian Tindakan Kelas ini diharapakan dapat meningkatkan kemampuan kinerja guru dalam mengoperasionalkan media gambar, sehingga dapat meningkatkan minat, aktivitas, efektivitas dan hasil pembelajaran menyimak dalam bahasa Arab.
            Kalau Penelitian Tindakan Kelas ini tidak dilakukan maka keberhasilan proses belajar mengajar tidak akan meningkat kerena pengefektivan penggunaan media gambar dalam proses menyimak ketika melakukan proses pembelajaran bahasa Arab tidak diteliti, padahal menyimak merupakan kegiatan yang peranannya sangat penting dalam pengembangan kemampuan berbahasa seseorang  terutama para siswa yang mempelajari bahasa Arab, karena menurut Tarigan (1986:61), bahwa kebanyakan apa yang kita pelajari, diserap dengan menyimak yaitu sebesar 45%, berbicara 30%, membaca 16% dan menulis 9%.  Oleh karena itu, kegiatan penelitian ini sangat urgen bagi semua kalangan untuk terus meningkatkan dalam proses menyimak yang dipengaruhi oleh media gambar yang digunakan dalam proses pembelajaran bahasa Arab.
            Berdasarkan latar belakang dan permasalahan di atas peneliti terdorong untuk melakukan rancangan pembahasan diatas.

  1. Identifikasi dan Rumusan Masalah
            Berdasarkan judul yang penulis sebutkan di atas, maka penulis mengidentifikasi masalah kemampuan menyimak bahasa arab yang masuk ke dalam wilayah Pendidikan Bahasa Arab, begitu juga meningkatkan keterampilan menyimak bahas Arab dengan menggunakan media gambar masuk ke dalam wilayah bahasa Arab. Oleh karena itu penulis membatasi permasalahan tersebut.
  1. Batasan Masalah
            Agar pembahasan ini sesuai dengan judulnya maka penulis membatasi masalahnya yang terdiri dari:
a.       Upaya-upaya apa saja agar keterampilan menyimak dalam pembelajaran bahasa arab meningkat dengan menggunakan media gambar.
b.      Subyek penelitiannya adalah siswa Sekolah Menengah Pertama.
  1. Rumusan Masalah
            Berdasarkan latar belakang dan pembatasan masalah di atas dapat disusun rumusan masalah sebagai berikut:
a.       Bagaimana fungsi media gambar dalam meningkatkan keterampilan menyimak bahasa Arab siswa Sekolah Menengah Pertama.
b.      Bagaiamana caranya agar tingkat kefektivan media gambar dalam pembelajaran bahasa Arab meningkat dan memberikan kontribusi yang sangat besar terhadap keterampilan menyimak bahasa Arab Sekolah Menengah Pertama.
c.       Bagaimana tingkat efektivitas penggunaan media gambar dalam meningkatkan keterampilan menyimak bahasa Arab siswa Sekolah Menengah Pertama.



  1. Variabel Penelitian


Definisi Operasional Variabel Penelitian
a.       Variabel bebas (Variabel X) adalah  upaya peningkatan keterampilan menyimak dalam pembelajaran bahasa Arab.
b.      Variabel terikat (Variabel Y) adalah intensitas peningkatan dalam menggunakan media gambar.
            Keterkiatan antara kedua variabel tersebut digambarkan dalam konstruksi sebagai berikut:


            X = Upaya untuk meningkatkan keterampilan menyimak dalam pembelajaran                 bahasa Arab.
Y = Intensitas peningkatan dalam menggunakan media gambar.
             r = Koefisien/ korelasi


  1. Tujuan dan Kegunaan Penelitian
1.      Tujuan Penelitian
a.       Untuk mengetahui fungsi penggunaan media gambar dalam meningkatkan keterampilan menyimak bahasa arab siswa Sekolah Menengah Pertama.
b.      Untuk mengetahui cara-cara yang efektif agar keterampilan menyimak bahasa arab siswa Sekolah Menengah Pertama meningkat dengan menggunakan media gambar.

2.      Kegunaan Penelitian
            Kegunaan Penelitian Tindakan Kelas secara khusus yang penulis harapkan ialah:
a.       Bagi penulis yaitu mengetahui cara-cara peningkatan kefektivan penggunaan media gambar dalam keterampilan menyimak bahasa Arab sehingga dijadikan sebagai ilmu baru untuk dapat diterapkan ketika melakukan proses pembelajaran bahasa Arab.
b.      Bagi guru yaitu untuk meningkatkan kemampuan kinerjanya dalam mengoperasionalkan media gambar, sehingga dapat meningkatkan minat, aktivitas, efektivitas dan hasil pembelajaran menyimak bahasa Arab.
c.       Bagi siswa dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan keterampilan dalam proses menyimak bahasa Arab di Sekolah Menengah Pertama karena dengan adanya penggunaan media gambar ini diharapakan lebih menarik perhatian siswa sehingga dapat menumbuhkembangkan motivasi belajar, dan  dapat mengatasi keterbatasan pengalaman siswa dalam  berimajinasi dan berekspresi dalam hal menyimak bahasa Arab.
d.      Bagi dosen, diharapkan penelitian ini dapat memberikan masukan dalam mengetahui kefektivan media gambar dalam meningkatkan keterampilan menyimak bahasa Arab sehingga dapat memaksimalkan dalam memberikan kuliahnya khususnya mata kuliah istima sehingga para mahasiswa setelah lulus siap tampil sebagai guru yang handal dibidangnya.



0 Response to "Contoh Proposal Skripsi"

Poskan Komentar

Google+ Followers

Follow by Email