Penyelidikan Raditya Dika Atas Lagu Ayu Tingting wok wok wok..



Saat pertama kali gue denger lagunya Ayu Tingting, gue langsung berpendapat “gile ini lagu galau maksimal“. Ceritanya di lagu itu emang sedih banget: si Ayu Tingting ditinggal cowoknya, dan pas dia ngedatengin rumah cowoknya.. ternyata alamat cowoknya palsu.


Iya mbak, sabar ya mbak..
Nah, setelah gue mendengarkan dengan seksama lagunya,
naluri detektif gue muncul.
Gue berpikir,
jangan-jangan sebenarnya yang salah adalah Ayu Tingting,
bukan cowoknya.
Gue dengerin lagi lagunya, gue baca liriknya.
Ternyata bener. Ada yang janggal.
Coba kita perhatikan lirik dalam lagu Ayu Tingting dan kejanggalan yang menyertai lirik lagu tersebut:
Kemana kemana kemana ku harus mencari kemana
Kekasih tercinta tak tahu rimbanya
Lama tak datang ke rumah
Dimana dimana dimana tinggalnya sekarang dimana
Di sini diceritakan bahwa cowoknya Ayu Tingting udah lama gak main ke rumah, dia mencari-cari si kekasih ini rimbanya di mana (cowoknya mungkin semacam Tarzan), dan pas ke alamat rumah si cowok eh palsu.
Ini berarti, selama Ayu Tingting berpacaran dengan cowok tersebut Ayu TingtTing belum pernah ke rumah cowok tersebut. Masa sih orang pacaran tapi belum tau rumah cowoknya di mana? Kesimpulan pertama: Ayu Tingting masih baru pacarannya sehingga belum sempet main ke rumah si cowok.
Kita analisa bait berikutnya:
Ke sana kemari membawa alamat
Namun yang ku temui bukan dirinya
Sayang yang ku terima alamat palsu
Ayu Tingting di sini cerita bahwa dia pergi kemana-mana bawa alamat ai cowok. Nyari alamat emang rada ribet, terutama kalau cowoknya tinggal di Jakarta. Belum lagi kalau Ayu TingTing dibuat nyasar sama tukang taksi. Wah, itu sedih banget bisa-bisa nyesel dan trauma naik taksi lagi (maaf, jadi curhat).
Dengan berasumsi bahwa Ayu Tingting betul-betul mendapat alamat tersebut dari cowoknya, gue mendapat kesimpulan kedua: si cowok sengaja memberikan alamat palsu kepada Ayu TingTing.
Ku tanya sama teman-teman semua
Tetapi mereka bilang tidak tahu
Sayang mungkin diriku tlah tertipu
Membuat aku frustrasi dibuatnya
Dari lirik di atas kita mengetahui bahwa Ayu Tingting bertanya kepada teman-temannya, tapi mereka tidak tahu apapun soal cowoknya. Nah, pertanyaannya adalah: di mana si Ayu Tingting kenalan sama cowoknya? Kok teman-temannya enggak tau? Kesimpulan ketiga: Ayu Tingting kenal cowoknya bukan dari teman-temannya, berarti dari suatu tempat pada suatu kebetulan.
Lirik berikutnya:
Dimana dimana dimana tinggalnya sekarang dimana
Ayu Tingting, sekali lagi bertanya di mana cowoknya berada. Emangnya cowoknya gak punya Foursquare? Di Twitter emangnya gak bisa dicari? Jangan-jangan mereka pacarannya belum terlalu akrab sampai belum tuker-tukeran Foursquare dan akun Twitter. Lalu, apa motivasi si cowok sehingga memberikan alamat palsu?
Maka, gue menarik kesimpulan inilah yang terjadi: Ayu Tingting kenalan sama cowok ini di halte bus, lalu si Ayu TingTing maksa-maksa buat ditembak saat itu juga, cowoknya nembak, mereka jadian, lima menit kemudian bus si cowok tiba, Ayu Tingting tidak memperbolehkan dia pergi, Ayu TingTing nanya nomer hape si cowok, lalu si cowok berbohong bilang ‘gue gak punya hape!’ dia lalu menuliskan alamat palsu di amplopnya dan bilang ‘ini rumah gue!’ lalu si cowok pergi. Ayu Tingting mencari alamatnya. Ayu Tingting galau. Bikin lagu deh.

0 Response to "Penyelidikan Raditya Dika Atas Lagu Ayu Tingting wok wok wok.."

Posting Komentar